Selasa, 10 April 2012

Pusat Penelitian


Profil Puspolhankam


Pusat Studi Politik & Pertahanan Keamanan (PUSPOLHANKAM) Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), hadir dalam konteks konfigurasi politik nasional dan global yang berubah, khususnya pasca demokratisasi dan otonomi daerah.
Fenomena konflik politik yang semakin massif, ancaman disintegrasi, dan perluasan aksi radikalisasi ajaran agama merupakan situasi dan tantangan baru yang menuntut pengembangan konsep dan ide-ide baru. PUSPOLHANKAM FISIP UNISMUH didirikan untuk mempertajam konsep dan pemikiran perkembangan politik lokal dan pertahanan keamanan, dengan tujuan memperluas dan memperdalam pemahaman masyarakat tentang isu-isu demokratisasi politik, reformasi sistem pertahanan keamanan dan perdamaian dalam lingkup nasional dan regional.
PUSPOLHANKAM FISIP UNISMUH mendasarkan aktivitasnya pada bidang riset aksi (action research). Dengan demikian sebagai pusat studi,PUSPOLHANKAM memiliki komitmen yang kuat terhadap aksi-aksi advokasi, fasilitasi, pelatihan, serta pendampingan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di dalam transformasi pembangunan daerah dan nasional.
Sebagai lembaga riset, PUSPOLHANKAM mencoba untuk menpromosikan nilai-nilai demokrasi dan perdamaian melalui pendidikan secara formal dan nonformal. Secara non-formal PUSPOLHANKAM mempromosikannya melalui institusi-institusi yang telah ada dalam masyarakat, seperti kelompok belajar, sekolah-sekolah lokal, pesantren, dan madrasah.
PUPOLHANKAM FISIP UNISMUH juga mengembangkan program pendidikan formal dalam bidang politik lokal dan pertahanan keamanan dengan tujuan untuk merespon kebutuhan pendidikan tinggi dalam bidang politik lokal dan pertahanan keamanan di Indonesia. Metode pembelajaran yang dikembangkan adalah meningkatkan sensitivitas, empati, tanggungjawab pada kebutuhan masyarakat.
Melalui aktivitas berkelanjutan, PUSPOLHANKAM FISIP UNISMUH juga mengarahkan energi, potensi, kreativitas yang dimilikinya untuk mempromosikan perdamaian dan perubahan dalam masyarakat. Juga mempromosikan dan memperkuat kapasitas dan keterlibatan kaum muda dalam masyarakat dengan berbagai aktivitas.
PUSPOLHANKAM  peduli pada demokratisasi lokal, pencegahan konflik, dan perdamaian jangka panjang melalui upaya-upaya pemulihan pasca konflik serta pembangunan. Tujuan utama pendirian PUSPOLHANKAM FISIP UNISMUH adalah sebagai berikut :
  • Membentuk suatu pusat data yang terdiri dari  literatur-literatur  dan  referensi terkini  tentang  politik dan pertahanan keamanan
  • Mendukung dan mempelopori proyek-proyek penelitian orisinil dan berdaya guna tentang politik lokal dan pertahanan keamana di berbagai wilayah di Indonesia
  • Menyelenggarakan  pendidikan formal dan non formal tentang pendidikan politik, penanggulangan konflik, hak azasi manusia dan reformasi sektor pertahanan keamanan dengan memberikan layanan konsultasi kepada anggota masyarakat, LSM, dan aparat pemerintah
  • Memfasilitasi pertemuan dan lokakarya untuk  mengumpulkan  para  peneliti, ilmuwan  sosial  dan  praktisi  yang bergerak  di  bidang  pendidikan politik, penanggulangan konflik, hak azasi manusia, dan reformasi sektor pertahanan keamanan
  • Melakukan studi yang intensif melalui diskusi, seminar, workshop, penelitian bidang sosial, politik dan pemerintahan, maupun pertahanan keamanan yang dikonsentrasikan untuk pengembangan di Sulawesi Selatan dan Kawasan Timur Indonesia.
  • Mempelopori dibangunnya suatu basis data dan publikasi ilmu sosial tentang pendidikan politik, penanggulangan konflik, hak azasi manusia, dan reformasi sektor pertahanan keamanan
  • Menyediakan  kesempatan  untuk melakukan  penelitian  dan  studi eksperimen  kepada  mahasiswa  dari Universitas  Muhammadiyah Makassar  dan  institusi pendidikan lainnya.

Profil Puswilbangda


Pusat Studi Pengembangan Wilayah, Pemberdayaan Masyarakat dan Penerapan Otonomi Daerah didirikan di Makassar pada tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar. Lembaga yang merupakan pusat aktivitas para dosen dalam melakukan pengkajian dan penelitian ini bernaung di bawah Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.
Pendirian lembaga ini didasarkan pada pemikiran bahwa kebutuhan dalam pengembangan wilayah, pemberdayaan masyarakat dan penerapan otonomi daerah sangat penting ketika pemerintah dengan kemauan politiknya memberikan otonomi kepada propinsi maupun kabupaten/kota.

Disadari sepenuhnya bahwa kemampuan pemerintah daerah dalam melakukan pengembangan masyarakat maupun lembaga pemerintah sendiri masih minim oleh karena itu perlu lembaga-lembaga, baik yang bernaung di bawah perguruan tinggi maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lainnya perlu ikut serta dan memberikan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Universitas Muhammadiyah Makassar secara umum sebagal lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab dan misi dalam rangka mencerdaskan masyarakat dan kehidupan bangsa menuju pada percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. OIeh karena itu melalui lembaga Pusat Studi Pengembangan Wilayah Pemberdayaan Masyarakat dan Penerapan otonomi daerah ini, dapat mewujudkan peranan tersebut dengan Iebih nyata.

Visi :
Mewujudkan pengembangan wilayah yang akomodatif dengan lingkungan, memberdayakan masyarakat menuju kemandirian dan kesejahteraan, serta membantu pemerintah dalam penerapan otonomi daerah yang lebih nyata dan bertanggung jawab.

Misi 
Melakukan penelitian, pendampingan masyarakat dan membantu pemerintah daerah dalam menerapkan otonomi daerah dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar