Senin, 09 April 2012

TENTANG KAMI

 

Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan sejak tahun 1963, saat ini membina 7 (tujuh) fakultas, di antaranya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiik yang berdiri pada tahun 1979. Fakultas ini pada awalnya membina dan mengembangkan dua program studi dengan jenjang strata satu (S1) yaitu program studi Ilmu administrasi negara (1986) dan dan program studi ilmu kesejahteraan sosial, yang telah mengalami status passing-out pada tahun 2008.
Program studi Ilmu Pemerintahan merupakan program studi baru yang telah dibuka sejak tahun 2005 dalam lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kelahiran program studi ini banyak terinspirasi dari akvitas Institute for Community Leadership (ICL), yang merupakan konsorsium perguruan tinggi di Indonesia yang berperan melakukan akselerasi penguatan kapasitas sumberdaya lokal dalam menujang implementasi otonomi daerah.

Keterlibatan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai bagian dari aktivitas ini kemudian diperkuat dengan kepercayaan untuk mengembangkan program Manajemen Pemerintahan Desa. Aksentuasi civitas akademika dengan dunia pemerintahan desa semakin meneguhkan semangat untuk mengembangkan ilmu pemerintahan, yang banyak mendapat tantangan di masa-masa awal big bang desentralisasi dan otonomi daerah.

Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah lahir sebagai respons dari lembaga pendidikan tinggi dalam lingkup persyarikatan Muhammadiyah atas tantangan desentralisasi dan otonomi daerah, yang menuntut peran optimal daerah dalam mengelola seluruh resouces, tak terkecuali sumberdaya manusia.

Program Studi Ilmu Pemerintahan yang ada terdapat pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar secara resmi berdiri sejak terbitnya izin penyelenggaraan program studi Ilmu Pemerintahan (S1) dengan nomor 3002/D/T/2005 tertanggal 31 Agustus 2005 oleh Ditjen Dikti Depdiknas.

Dalam perkembangannya, legalisasi proses belajar-mengajar pada program studi Ilmu Pemerintahan kemudian semakin berkembang dan mendapat kepercayaan masyarakat dengan lahirnya perpanjangan ulang izin penyelenggaraan program studi Ilmu Pemerintahan jenjang program strata satu (S1), dengan nomor 3624/D/T/2008 tertanggal 29 Oktober 2008 yang berlaku sampai dengan tanggal 31 Agustus 2012.

Pada tahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 31 Juli 2009, standar mutu kelembagaan Program Studi Ilmu Pemerintahan semakin berkembang dengan diraihnya sertifikat akreditasi No. 021/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009 berhasil diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia. Akreditasi program studi Ilmu Pemerintahan Fisipol Unismuh Makassar berlaku sampai 31 Juli 2014. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar